|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No.
Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-219
|
|||
UIN
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
28 Februari 2013
|
|||||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
00
|
|||||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
|||||
LEMBAR OBSERVASI
AKTIVITAS BELAJAR SISWA
|
1.
Nama
Mahasiswa : Zaenun Nu’man
2.
Tempat
Praktik : MTs Darul Hikmah
3.
Kelas : VII H IMTAQ
4.
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
5.
Waktu : 07.30 – 08.50
6.
Tanggal : 02 Desember 2013
NO
|
ASPEK
YANG DIAMATI
|
DESKRIPSI
|
I
|
Pra
Pembelajaran
|
|
|
1.
Tempat
duduk masing-masing siswa
|
sudah rapi dengan konsep yang berbeda dari sekolahan lain
yang pernah saya kunjungi dengan
jumlah siswa 22 anak.
|
|
2.
Kesiapan
menerima pembelajaran
|
Kebanyakan siswa sudah siap untuk
mulai pembelajaran dari awal pembelajaran dimulai, ada beberapa siswa yang masih
main-main ketika pembelajaran akan dilaksanakan, namun guru langsung
mengkodisikan keadaan siswa sehingga semua siswa siap untuk belajar
|
II
|
Kegiatan Membuka Pelajaran
|
|
|
1.
Menjawab
pertanyaan guru
|
Para
siswa 90% bisa menjawab dari peajaran yang lalu maupun yang sedang
berlangsung.
|
|
2.
Mendengarkan
penjelasan tentang kompetensi yang hendak dicapai
|
Murid-murid fokus dan memperhatikan karena konsep
kelasnya cukup simpel, siswa yang mengikuti pelajaran hanya ada 22 anak.
Laki-laki 5 anak dan perempuan 17 anak. Inilah yang menurut saya efektif,
jadi semua siswa tidak ada yang melakukan aktifitas didalam pembelajaran
sedang berlangsung
|
III
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
|
|
A.
Penjelasan
materi pelajaran
|
|
|
1.
Memperhatikan
penjelasan materi pelajaran
|
Semua siswa mencatat dengan rapi pada saat
mempraktikkan pun banyak siswa yang bias
|
|
2.
Bertanya
saat proses penjelasan materi
|
Ada beberapa siswa yang bertanya
tentang pelajaran yang sedang diajarakan terutama tentang mufrodat yang belum
mereka ketahui
|
|
3.
Interaksi
antar siswa
|
Interaksi antar siswa cukup baik,
terutama ketika mereka sedang menghafal dan mempraktikkan percakapan
|
|
4.
Interaksi
antara siswa-guru, siswa-materi pelajaran
|
Siswa juga berinteraksi dengan
guru dalam pembelajaran, terutama tentang hal-hal yang belum dipahami
|
|
B.
Pendekatan/Strategi
Belajar
|
|
|
1.
Keterlibatan
dalam kegiatan belajar
|
Siswa cukup aktif ketika
pembelajaran berlangsung, terlihat dari pertanyaan yang diajukan dan juga
jawaban-jawaban yang mereka berikan ketika guru bertanya
|
|
2.
Mengemukakan
pendapat ketika diberikan kesempatan
|
Beberapa siswa menjelaskan ulang
tentang materi hiwar yang diajarkan, dan ada pula yang menyimpulkan materi
tersebut.
|
|
3.
Mencatat
penjelasan yang disampaikan guru
|
Sebagian siswa mencatat saat guru menjelaskan.
|
|
4.
Mengikuti
proses pembelajaran
|
Semua siswa mengikuti pembelajaran
dari awal sampai ahir, walaupun pada saat pembelajaran ada beberapa siswa
yangt izin ke belakang
|
|
C.
Pemanfaatan
Media Pembelajaran/Sumber Belajar
|
|
|
1.
Interaksi
antara siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru
|
Karena media yang digunakan masih
buku paket, maka semua siswa memperhatikan materi yang tertera dalam buku
paket tersebut
|
|
2.
Tertarik
pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran
|
Siswa bertanya mengenai materi secara antusias.
|
|
3.
Ketekunan
dalam mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru
|
Para siswa memahami materi yang disajikan.
|
|
D. Penilaian Proses
|
|
|
1.
Mengerjakan
tugas/latihan yang diberikan guru
|
Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru, namun ada beberapa yang tidak mengerjakan tugas
(hafalan) karena kurangnya waktu dan mereka diberi kesempatan untuk
menghafalnya pada pertemuan berikutnya
|
|
2.
Menjawab
pertanyaan guru dengan benar
|
Kebanyakan dari siswa menjawab
pertanyaan baik secara langsung maupun pertanyaan dalam bentuk tugas dengan
jawaban yang benar, namun ada beberapa yang salah dan kurang tepat
|
|
E.
Penggunaan
Bahasa
|
|
|
1.
Mengemukakan
pendapat
|
Ketika siswa mengemukakan pendapat
(penjelasan ulang) materi, mereka menggunakan bahasa yang baik dan sopan
|
|
2.
Mangajukan
pertanyaan
|
Dalam mengajukan pertanyaan siswa
menggunakan bahasa pertanyaan yang baik dan sopan pula
|
IV
|
Penutup
|
|
|
1.
Keterlibatan
dalam memberi rangkuman/kesimpulan
|
Beberapa siswa memberikan
rangkuman atau kesimpulan tentang pelajaran yang sudah dipelajarai
|
Pelajaran
yang diperoleh dari hasil pengamatan/observasi:
Masih banyak
siswa yang belum bisa membaca dan menulis Arab dengan benar. Oleh karena itu,
kiranya harus sering diadakan latihan membaca dan menulis Arab. Siswa ketika
diperintahkan membaca secara bersama-sama memang terdengar sudah mampu, namun
ketika beberapa siswa ditunjuk untuk membaca sendiri, masih banyak yang belum
bisa membaca dengan benar.
Penggunaan media dan metode pembelajaran kira ya
harus ditingkatkan agar siswa tidak jenuh dan bosan. Namun secara keseluruhan
antusias, perhatian, dan semangat siswa dalm pembelajaran sudah cukup bagus.
Nama
Pengamat : Zaenun Nu’man
Tanda
Tangan :
Tanggal,
02 Desember 2013
Guru
Pamong
Pak ucham
Tidak ada komentar:
Posting Komentar