Sabtu, 12 April 2014

LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA VIII E REGULER

Logo Uin
 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-219
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
28 Januari  2013
FITK
No. Revisi:
:
00
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA



1.        Nama Mahasiswa             : Zaenun Nu’man
2.        Tempat Praktik                 : MTs Darul Hikmah
3.        Kelas                                : VIII E REGULER
4.        Mata Pelajaran                 : Bahasa Arab
5.        Waktu                              : 08.50 – 10.40
6.        Tanggal                            : 02 Desember 2013

NO
ASPEK YANG DIAMATI
DESKRIPSI
I
Pra Pembelajaran


1.    Tempat duduk masing-masing siswa
Tempat duduk biasa, sebelah kiri perempuan dan sebelah kanan 2 baris laki-laki dengan jumlah siswa 33 siswa

2.   Kesiapan menerima pembelajaran
Sebelum memulai guru seperti biasa mengulang pelajaran yang lalu dan pengulangan materi pelajaran
II
Kegiatan Membuka Pelajaran


1.    Menjawab pertanyaan guru
Para siswa ketika dalam menjawab ertanyaan dari guru kurang begitu siap, karena mereka masih banyak yang berisisk, hnaya beberapa anak saja yang bisa.


2.   Mendengarkan penjelasan tentang kompetensi yang hendak dicapai
Murid-murid kurang fokus pada pelajaran yang akan disampaikan, kendalanya karena masihbanyak anak laki-laki yang pindah-pindah kursi dll
III
Kegiatan Inti Pembelajaran


A. Penjelasan materi pelajaran


1.   Memperhatikan penjelasan materi pelajaran
Semua siswa mencatat dengan rapi tapi pada saat mempraktikkan banyak siswa yang belum bisa

2.    Bertanya saat proses penjelasan materi
Belum ada siswa yang mau bertanya tentang materi sekarang ataupun minggu kemaren

3.    Interaksi antar siswa
Interaksi antar siswa kurang baik, tetapi ketika interaksi dalam mengerjai temannya mungkin sudah lumayan bagus

4.    Interaksi antara siswa-guru, siswa-materi pelajaran
Siswa belum bisa berinteraksi dengan guru dalam pembelajaran, apalagi tentang hal-hal yang belum dipahami

B.  Pendekatan/Strategi Belajar


1.    Keterlibatan dalam kegiatan belajar
Siswa cukup aktif ketika pembelajaran berlangsung, terlihat dari kesiapan beberapa siswa dalam keseriusan mengikuti pembelajaran

2.    Mengemukakan pendapat ketika diberikan kesempatan
Belum ada siswa yang bisa menyimpulkan tentang materi yang teah diajarkan, siswa juga belum bisa maju dengan sendiri untuk mengemukakan materi tersebut.

3.    Mencatat penjelasan yang disampaikan guru
Sebagian siswa mencatat saat guru menjelaskan.

4.    Mengikuti proses pembelajaran
Semua siswa mengikuti pembelajaran dari awal sampai ahir, walaupun pada saat pembelajaran ada beberapa siswa yangt masih berisik

C.  Pemanfaatan Media Pembelajaran/Sumber Belajar


1.    Interaksi antara siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru
Karena media yang digunakan masih buku paket, maka semua siswa memperhatikan materi yang tertera dalam buku paket tersebut

2.    Tertarik pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran
Beberapa Siswa bertanya mengenai materi, tapi kurang tertarik dengan pelajaran.

3.    Ketekunan dalam mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru
Beberapa siswi memahami materi yang disajikan. Tapi bagi siswanya kurang begitu antusias

D. Penilaian Proses


1.    Mengerjakan tugas/latihan yang diberikan guru
Siswa sebagian mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, namun ada beberapa yang tidak mengerjakan tugas (hafalan) karena kurangnya waktu dan mereka diberi kesempatan untuk menghafalnya pada pertemuan berikutnya

2.    Menjawab pertanyaan guru dengan benar
Beberapa dari siswa menjawab pertanyaan baik secara langsung maupun pertanyaan dalam bentuk tugas dengan jawaban yang benar, namun madsih banyak siswa yang menjawab  salah dan kurang tepat

E.  Penggunaan Bahasa


1.    Mengemukakan pendapat
Siswa belum mampu mengemukakan pendapat dengan baik, mereka baru bisa mengikuti apa yang guru sampaikan

2.    Mangajukan pertanyaan
Dalam mengajukan pertanyaan siswa menggunakan bahasa pertanyaan yang baik
IV
Penutup


1.    Keterlibatan dalam memberi rangkuman/kesimpulan
Beberapa siswa memberikan rangkuman atau kesimpulan tentang pelajaran yang sudah dipelajarai

Pelajaran yang diperoleh dari hasil pengamatan/observasi:

 Masih banyak siswa yang belum bisa membaca dan menulis Arab dengan benar. Oleh karena itu, kiranya harus sering diadakan latihan membaca dan menulis Arab. Siswa ketika diperintahkan membaca secara bersama-sama memang terdengar sudah mampu, namun ketika beberapa siswa ditunjuk untuk membaca sendiri, masih banyak yang belum bisa membaca dengan benar.
Penggunaan media dan metode pembelajaran kira ya harus ditingkatkan agar siswa tidak jenuh dan bosan. Namun secara keseluruhan antusias, perhatian, dan semangat siswa dalm pembelajaran sudah cukup bagus.
Nama Pengamat          : Zaenun Nu’man

Tanda Tangan             :






                                                                                                Tanggal, 02 Desember 2013
                                                                                                Guru Pamong

                                                                                                                                                                                                                                                            Bu ulfah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar