KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No.
Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-219
|
||||
UIN
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
28 Januari 2013
|
|||||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
00
|
|||||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
|||||
LEMBAR OBSERVASI
AKTIVITAS BELAJAR SISWA
|
1.
Nama
Mahasiswa : Zaenun Nu’man
2.
Tempat
Praktik : MTs Darul Hikmah
3.
Kelas : VIII E REGULER
4.
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
5.
Waktu : 08.50 – 10.40
6.
Tanggal : 02 Desember 2013
NO
|
ASPEK
YANG DIAMATI
|
DESKRIPSI
|
I
|
Pra
Pembelajaran
|
|
1.
Tempat
duduk masing-masing siswa
|
Tempat duduk
biasa, sebelah kiri perempuan dan sebelah kanan 2 baris laki-laki dengan
jumlah siswa 33 siswa
|
|
2.
Kesiapan
menerima pembelajaran
|
Sebelum memulai guru seperti biasa mengulang
pelajaran yang lalu dan pengulangan materi pelajaran
|
|
II
|
Kegiatan Membuka Pelajaran
|
|
1.
Menjawab
pertanyaan guru
|
Para
siswa ketika dalam menjawab
ertanyaan dari guru kurang begitu siap, karena mereka masih banyak yang
berisisk, hnaya beberapa anak saja yang bisa.
|
|
2.
Mendengarkan
penjelasan tentang kompetensi yang hendak dicapai
|
Murid-murid kurang fokus pada pelajaran yang akan disampaikan, kendalanya karena
masihbanyak anak laki-laki yang pindah-pindah kursi dll
|
|
III
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
|
A.
Penjelasan
materi pelajaran
|
||
1.
Memperhatikan
penjelasan materi pelajaran
|
Semua siswa mencatat dengan rapi tapi pada saat mempraktikkan banyak
siswa yang belum bisa
|
|
2.
Bertanya
saat proses penjelasan materi
|
Belum ada siswa yang mau bertanya tentang materi
sekarang ataupun minggu kemaren
|
|
3.
Interaksi
antar siswa
|
Interaksi antar siswa kurang baik,
tetapi ketika interaksi dalam mengerjai temannya mungkin sudah lumayan bagus
|
|
4.
Interaksi
antara siswa-guru, siswa-materi pelajaran
|
Siswa belum bisa berinteraksi dengan guru dalam pembelajaran, apalagi tentang hal-hal yang belum dipahami
|
|
B.
Pendekatan/Strategi
Belajar
|
||
1.
Keterlibatan
dalam kegiatan belajar
|
Siswa cukup aktif ketika
pembelajaran berlangsung, terlihat dari kesiapan beberapa siswa dalam
keseriusan mengikuti pembelajaran
|
|
2.
Mengemukakan
pendapat ketika diberikan kesempatan
|
Belum ada siswa yang bisa menyimpulkan tentang materi
yang teah diajarkan, siswa juga belum bisa maju dengan sendiri untuk
mengemukakan materi tersebut.
|
|
3.
Mencatat
penjelasan yang disampaikan guru
|
Sebagian siswa mencatat saat guru menjelaskan.
|
|
4.
Mengikuti
proses pembelajaran
|
Semua siswa mengikuti pembelajaran
dari awal sampai ahir, walaupun pada saat pembelajaran ada beberapa siswa
yangt masih berisik
|
|
C.
Pemanfaatan
Media Pembelajaran/Sumber Belajar
|
||
1.
Interaksi
antara siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru
|
Karena media yang digunakan masih
buku paket, maka semua siswa memperhatikan materi yang tertera dalam buku
paket tersebut
|
|
2.
Tertarik
pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran
|
Beberapa Siswa bertanya mengenai materi, tapi kurang
tertarik dengan pelajaran.
|
|
3.
Ketekunan
dalam mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru
|
Beberapa siswi memahami materi yang disajikan. Tapi
bagi siswanya kurang begitu antusias
|
|
D. Penilaian Proses
|
||
1.
Mengerjakan
tugas/latihan yang diberikan guru
|
Siswa sebagian mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, namun ada
beberapa yang tidak mengerjakan tugas (hafalan) karena kurangnya waktu dan
mereka diberi kesempatan untuk menghafalnya pada pertemuan berikutnya
|
|
2.
Menjawab
pertanyaan guru dengan benar
|
Beberapa dari siswa
menjawab pertanyaan baik secara langsung maupun pertanyaan dalam bentuk tugas
dengan jawaban yang benar, namun madsih banyak siswa yang menjawab salah dan kurang
tepat
|
|
E.
Penggunaan
Bahasa
|
||
1.
Mengemukakan
pendapat
|
Siswa belum mampu mengemukakan pendapat dengan baik,
mereka baru bisa mengikuti apa yang guru sampaikan
|
|
2.
Mangajukan
pertanyaan
|
Dalam mengajukan pertanyaan siswa
menggunakan bahasa pertanyaan yang baik
|
|
IV
|
Penutup
|
|
1.
Keterlibatan
dalam memberi rangkuman/kesimpulan
|
Beberapa siswa memberikan
rangkuman atau kesimpulan tentang pelajaran yang sudah dipelajarai
|
Pelajaran
yang diperoleh dari hasil pengamatan/observasi:
Masih banyak
siswa yang belum bisa membaca dan menulis Arab dengan benar. Oleh karena itu,
kiranya harus sering diadakan latihan membaca dan menulis Arab. Siswa ketika
diperintahkan membaca secara bersama-sama memang terdengar sudah mampu, namun
ketika beberapa siswa ditunjuk untuk membaca sendiri, masih banyak yang belum
bisa membaca dengan benar.
Penggunaan media dan metode pembelajaran kira ya
harus ditingkatkan agar siswa tidak jenuh dan bosan. Namun secara keseluruhan
antusias, perhatian, dan semangat siswa dalm pembelajaran sudah cukup bagus.
Nama
Pengamat : Zaenun Nu’man
Tanda
Tangan :
Tanggal,
02 Desember 2013
Guru
Pamong
Bu ulfah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar